Ehem!
Jadi begini, sebagai travel blogger, gue lumayan sering diundang jadi pembicara. Dan dari beberapa kesempatan menjadi pembicara itu, gue sering dapet pertanyaan dari penonton, kayak:
“Bang, kenapa sering dapet jalan-jalan gratis, gak?” Gue anak soleh soalnya.
“Bang, gimana caranya dapet duit dari blog?” Wah, panjang.
“Bang, rambut lu kira-kira ada berapa helai?” Ada 23.214.984 helai.
“Bang, tau password twitter mantan saya, gak? Saya mau hack dia.” Tau. MantanGueAlay
Dan, pertanyaan absurd lainnya.
Jadi, sesuai judul di atas. Gue mau bahas dan ngasih beberapa tips buat kalian, nih. Darimana aja Travel Blogger dapet duitnya? Langsung aja, yah!
1. Adsense
Sebenernya ini bukan cuma travel blogger, sih. Semua blogger dengan genre apapun, selama blognya bagus dan rame, bisa daftar adsense ke google, dan dapet duit sesuai engagment dari blognya sendiri. Jumlahnya macem-macem, ada yang dari ratusan ribu, ampe jutaan perbulan.
Kalo kalian sering liat blog-blog yang ada iklannya nongol, baik di postingan atau pop up, ya itu namanya ads. Gue sendiri dari awal emang gak mau pake adsense, soalnya bikin blog jadi rada berat, dan ngeganggu tampilan blog. Jadi, gue pengin blog gue tetep bersih dan clean, biar lu yang dateng dan baca blog gue bisa tetep nyaman berlama-lama di whateverbackpacker.com dan mantengin cerita-cerita gue. Oh iya, untuk daftar google adsense gak susah, kok. Lu tinggal ajuin blog lu ke mereka, nanti beberapa hari kemudian mereka akan bales permintaan lu, kalo kepilih ya alhamdulillah, kalo kagak kepilih, Google adsense bakal ngaish tau alesannya kenapa blog lu gak bisa dipasangin Adsense, dari situ lu tinggal improve aja apa yang kurang-kurangnya. Untuk info lebih jelas, lu buka aja ini googleadsense.
2. Iklan
Iklan yang gue maksud di sini berbeda dari adsense yah. Iklan ini biasanya dateng dari brand-brand yang membutuhkan jasa promosi di blog kita. Contohnya gue, 5 tahun lebih jadi travel blogger, gue udah pernah kerjasama dari mulai perusahaan makanan, maskapai, hotel, gadget sampai asuransi. Kayak di bawah ini:
Biar memudahkan calon klien, lu bisa bikin page khusus yang nampilin rate card lu, jadi klien udah tau "harga" lu tanpa nanya-nanya lagi, contohnya kayak gini >> My Rate Card
Untuk iklan sendiri ada beberapa kategori yang biasanya mereka (klien) minta atau kita sediakan, gue bakal bahas ini terpisah.
2.1 Link
Link? Maksudnya? Jadi, mereka bakal minta kita buat naro link web mereka di blog kita doang. Iya, link doang. Gak peduli postingan kita apaan, mereka cuma minta ditaroin linknya doang. Terus buat apaan mereka cuma naro link doang? Bukannya artikel?
Jadi gini, anak muda. Google tetap akan mendeteksi traffic (yang nantinya akan berpengaruh pada peringkat web mereka di google page) ketika ada link yang tersimpan di banyak blog. Walaupun link mereka ada di postingan “Cara Cebok Pake Mulut” misalnya. Biasanya kerjasama kayak gini bayarannya kecil, dan perusahaan yang sering ngasih tawaran kayak gini adalah si Laz*ada dan Zal*ora.
2.2 Artikel Sendiri
Ini nih yang biasanya bayaranya paling gede. Biasanya mereka akan meminta kita untuk membuat sebuah artikel tentang produk/ jasa mereka, brand mereka. Intinya ngiklanin apa yang mereka punya. Kalo gue sendiri, untuk membuat artikel, gue memberikan harga yang bervariasi, dilihat dari jumlah banyaknya kata di dalam artikel, jumlah foto yang dipakai di artikel, atau ada request khusus dari klien, itu berpengaruh juga sama harga sebuah artikel.
2.3 Artikel Titipan
Apaan sih artikel titipan? Artikel titipan adalah segampang-gampangnya dapet duit. Gak usah mikir, gak usah capek nulis, kita cukup copy paste apa yang mereka kasih. Dengan kata lain, mereka udah nyiapin artikelnya buat kita. Untuk iklan seperti ini, gue pernah dibayar 14.000.000,- untuk 1 post yang gak lebih dari 5 menit udah bisa gue publish. Ehek!
Tapi hati-hati juga, baca dulu artikel yang mereka kasih, dan samakan gaya tulisannya dengan blog lu.
2.4 Widget/ Sidebar/ Slider Image
Ini lah alasan kenapa tata letak, template atau tampilan blog lu harus bagus dan banyak space yang bisa digunakan. Itu kenapa, dari dulu, blog gue selalu ada space sidebar-nya, karena selain buat nampilin fitur-fitur di blog gue, sidebar juga bisa dijadikan space untuk beriklan. Kalo blog lu tipe yang langsung 1 halaman full dengan artikel dan gak ada sidebar-barnya, lu bisa gunain slider image. Selain gak ngerusak tampilan, iklan yang dipasang pun bisa lebih banyak.
3. Kontributor
Sebagai travel blogger yang pasti nulis cerita perjalanan, kita bakalan dapet banyak tawaran untuk menulis cerita perjalanan kita sendiri di media yang berbeda, sebagai kontributor. Baik di media online (web, e-magz) maupun offline (majalah, koran, bungkus gorengan). Ini juga bayaranya lumayan.
4. Reviewer
Sering liat blogger dapet gadget? Atau produk-produk lain? Selain dapet duit, kita juga biasanya bisa dapet produk. Ya, apalagi tujuannya kalo bukan untuk di review. Ngerti lah yah ini mah. Oh iya, kadang bayarannya produk itu sendiri.
5. Press Trip
Menurut gue ini cara dapet duit yang paling enak. Kenapa? Karena kita diajak jalan-jalan dan kalo beruntung, dikasih uang jajan juga. Jalan-jalannya juga bisa di dalam negeri, bisa ke luar negeri. Dan semua ditanggung sama yang nagsih kita job. Untuk ke luar negeri, gue sendiri pernah di ajak ke Korea, Hong Kong, Macau, Filipin, Thailand, Malaysia, dll. Untuk dalam negeri, keliling Sumatera, NTB, NTT, Kalimantan, Papua, dll. Dan gara-gara ini juga banyak blogger-blogger yang tadinya bukan travel blogger, berbondong-bondong melabeli dirinya jadi travel blogger. Wks!
6. Sosmed
Twitter, Instagram, Snapchat, dan sosial media lainnya ini berpengaruh juga terhadap penghasilan blogger. Mungkin lu udah ngerti lah yah untuk bagian ini. Tapi ada fenomena tersendiri juga, nih, yang mau gue bahas. Tau, apa bedanya blogger beneran sama blogger sosmed?
Blogger beneran, dia dikenal awalnya dari blog, lalu sosmednya rame.
Blogger sosmed, dia dikenal dulu di sosmed, entah selebtweet, entah selebgram, lalu dia bikin blog. Dan biasanya blognya bakal rame diawal, dan lama kelamaan bakal ilang. Karena ngeblog itu butuh konsistensi, bukan musiman. Banyak lah yah contohnya.
7. Buku/ e-Book
Ada beberapa travel blogger yang membuat e-book, biasanya itu adalah rangkuman dari cerita-cerita perjalanan mereka. Ada juga yang bikin buku, baik dari jalur indie (publish sendiri) maupun dari major publishing kayak gagas media, bukune, bentang pustaka, dan lain-lain. Gue sendiri uda pernah nyoba dua-duanya.
8. Undangan Pembicara
Walaupun gue lulusan SMA, gue sering banget dipanggil buat jadi pembicara di kampus-kampus ternama, sekolah, event, stasiun televisi, perusahaan-perusahaan, bahkan gue pernah road show ngisi jadi pembicara untuk para karyawan di salah satu bank. Oh iya, kampus yang nge-DO gue juga udah 3 kali ngundang gue jadi pembicara. Life is funny, bro.
9. Bikin Brand sendiri
Mungkin gak banyak travel blogger yang punya brand sendiri kayak gue. Dari sebuah blog Whatever Backpacker gue bikin brand travel gears dengan nama yang sama. Dan dari sini lah gue dapet penghasilan paling gede. Ratusan juta. Ihik! Terus kenapa gue bikin brand sendiri? Nih:
10. Sesuatu yang lebih dari duit
Ucapan terima kasih, komen, teman baru, pengalaman baru, kesempatan baru, email-SMS-chat-hadiah dari pembaca, apresiasi (apapun bentuknya) itu semua lebih dari uang. Dan hal itu lah yang bikin blog ini tetap hidup.
Dan satu-satunya tips yang bisa gue kasih untuk yang baru mau mulai ngeblog atau yang udah jadi travel blogger. Jalan-jalan dan ngeblog lah dengan gembira, tulis apapaun yang lu mau. Gak usah mikirin duit dulu. Karena ketika lu ngeblog dengan gembira dan dari hati, semuanya mah nyamperin.